Thursday 6 September 2018

ADA DOSEN CILIK DI HARI PERTAMA KULIAH



Hari ini adalah hari pertamaku kembali mengajar ke kampus setelah liburan semester yang cukup lama. Kondisiku yang tengah hamil tua dan kondisi anaku Archy yang belum mau dititipkan pada hari pertamaku mengajar, membuatku memberanikan diri untuk mengajar sambil membawa Archy selama perkuliahan berlangsung. Memang awalnya cukup berat. Karena takut tidak dapat menyampaikan materi  secara optimal selama pembelajaran berlangsung. Namun ini adalah amanah yang tetap harus dilaksanakan. Khususnya amanah menjaga anak. Ya Allah..semoga Engkau mudahkan jalan bagi kami.

Sebenarnya mertua saya sudah menawarkan kepada saya untuk menitipkan Archy selama mengajar.  Namun saya bilang kalo Archy akan ikut pada pertemuan pertama saja. Karena setelah itu saya akan cuti melahirkan dan lebih banyak mengajar dengan system e-learning yang akan saya terapkan pada dua mata kuliah yang saya ampu pada semester ini. Selain itu semalam saya mencoba berunding dengan Archy,
Archy, besok mama mau ke kampus. Archy ikut ngaji sama nek ine ya..”
“Iya mama..” jawabnya lirih

Keesokan paginya saya berbagi tugas dengan suami untuk menyelesaikan urusan rumah dan anak sebelum beragkat ke kantor. Suami bertugas memandikan Archy dan mengajaknya sarapan. Sementara saya bertugas memasak dan membersihkan rumah selama di tinggal. Keadaan yang cukup rieweh mencobaku untuk tetap berupaya menstabilkan emosi supaya pagi ini saya mendapatkan mood yang bagus. Sambil memakaikan Archy baju, saya kembali bilang sama Archy,

“Archy, mama mau pergi ke kampus. Papa ke kantor. Archy ngaji sama nek ine ya..”

Rupanya jawabnya tidak sesuai dengan kalimat semalam. Ia terdiam sambil memejamkan matanya. Kemudian ibu mertua datang ke rumah untuk menjemput Archy. Tapi Archy tidak mau. Kami tawarkan lagi,

“Archy mau ikut nenek ngaji apa ikut mama papa?”
“mama papa” jawabnya singkat.

Kita memang sudah mempersiapkan opsi kedua jaga-jaga jika Archy memang tidak mau ikut neneknya. Untuk selanjutnya, kami akan berupaya mensounding Archy supaya mau ditinggal bentar sama nenek, dan saya dapat kembali focus menyampaikan materi tanpa harus membawa Archy lagi. Akhirnya kami memutuskan untuk membawa Archy untuk saat ini.
Selama di perjalanan, saya bilang ke Archy sambil memintanya untuk menatap mata saya,

“ Archy, lihat mama. Archy kan hari ini ikut mama ke kam..pus. Archy jadi anak yang baik ya. Bantu mama gak rewel di kelas ya sayang..”,
“Iya mama…” ucapnya lirih. Ia memang masih berusia 2 tahun. Namun saya yakin dia sudah mulai memahami akan kondisi yang mamanya harapkan. Memang belum tentu, tapi saya harus tetap yakin akan hal itu.

Ternyata betul, berkat the power of yakin, Archy masih tetap bisa dikondisikan selama menemani saya belajar. Ia duduk disamping saya sambil sesekali melihat video di laptop dan sesekali mencorat coret buku yang sudah saya sediakan. Saya masih bisa menyampaikan kontrak belajar dengan baik dan dapat diterima oleh mahasiswa saya.
Akan tetapi semakin lama Archy mengalami kebosanan. Ia mulai berteriak dan minta bertemu papanya. Saya bilang ke dia,

“Archy ngantuk ya nak. Sabar ya sayang, habis ini kita ke kantor papa” ucap saya sambil tersenyum. Kondisi tenang rupanya menjadikan saya mampu mengontrol kemarahan Archy dan Alhamdulillah sampai perkuliahan selesai dia tidak banyak rewel.
Kemudian saya dan Archy pulang ke kantor papa terlebih dahulu sebelum pulang ke rumah.

“Gimana Archy rewel gak ma?”
“Alhamdulillah masih terkondisikan. Makasih ya sayang sudah jadi anak yang baik hari ini” Ujarku sambil mencium pipinya.
"Wah ada dosen cilik tadi ya nemenin mama ngajar" ujar papa sambil tersenyum.
Hari ini sukses jadi dosen cilik menemani mama mengajar ya nak..big hug for my little Angel..Archy.
#haripertama6sept
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
institutibuprofesional



2 comments:

  1. Aku juga pernah bawa anak saat ngajar..

    Ngajar sambil gendong, hehe

    ReplyDelete
  2. Wah archy keren nemenin mamanya ngajar. Ngajar di mana mba?

    ReplyDelete

Yakin gak mau BW? Aku suka BW balik loh