Thursday 22 March 2018

NICEHOMEWORK #2 CHECKLIST INDIKATOR PROFESIONALISME PEREMPUAN




PENDAHULUAN
Untuk menemukan indikator-indikator yang ditentukan pada tugas ini, saya menanyakan pada suami mengenai indikator istri yang membuat bahagia dan  menanyakan diri sambil mengevaluasi diri untuk menemukan indikator individu yang ingin saya capai. Untuk indikator sebagai ibu, karena anak saya masih berusia 1,5 tahun dengan kemampuan menyampaikan sesuatu yang diinginkan masih bersifat praoperasional, maka saya mencoba mengamati hal-hal yang membuat anak saya bahagia namun sesuai dengan domain perkembanganya. Berikut saya akan mencoba mengulas checklist indikator yang saya buat dengan kata kunci SMART (specifik, measurable, achievable, realistic, dan timebond).
CHECKLIST IBU PROFESIONAL
Untuk cheklist yang saya susun, saya mencoba merealisasikan untuk checklist minggguan yang terdiri dari 7 hari. Setiap indikator saya susun dari 3 sampai 5 item setiap sub indikator karena tujuan utama dari penyusunan ini adalah pelaksanaan yang dapat dilakukan secara konsisten. Jadi saya coba merancang item-item indikator yang mudah dan ringan supaya saya bisa konsisten menjalankanya.
PERAN
INDIKATOR YANG INGIN DICAPAI
HARI KE
EVALUASI
1
2
3
4
5
6
7
Sebagai Individu
Spiritualitas:








Solat Wajib tepat waktu








Melaksanakan solat dhuha dan membaca matsurat








Membaca Al-Qur`an dan terjemahanya min 1 ayat/hari








Life Style:









Membawa botol minum, wadah, dan tas lipat setiap berpergian









Olahraga ringan minimal 7 menit









Minum air putih 8 gelas/hari









Makan sayur dan buah dengan porsi lebih banyak dari karbohidrat









Professionalism:









Membaca jurnal/artikel internasional min 1 minggu sekali









Writing IELTS min 1 minggu sekali









Listening IELTS min 2x/minggu








Sebagai Ibu
Gizi Anak:









Menyediakan sayur dan buah di rumah setiap hari









Meminimalisir Junk Food/ jajananan (min 1 x seminggu)









Memberikan madu dan kurma (min 1x seminggu)









Perkembangan Anak:









Membuat Lesson Plan kegiatan anak perminggu









Meminimalisir tayangan TV (maks 1 jam/hari)









Membaca dongeng dan bacaan surat pendek sebelum tidur









Life Style:









Meminimalisir pengunaan pampers (maks 1 pampers/hari)









Tidak banyak membuang banyak sisa makanan ( ambil makan secukupnya/dihabiskan orang tua)









Menjaga kebersihan dan keasrian rumah setiap hari








Sebagai Istri
Mendukung Kegiatan suami selama positif:









Tidur malam maksimal jam 11 malam, bangun sebelum subuh









Menyediakan cemilan sehat saat suami lembur









Sabar menghadapi suami:









Lakukan pillow talk 2 hari sekali









Berdiskusi sehat (merendahkan suara, tidak membantah)









Tidak membicarakan hal berat saat suami sibuk









Kreatif dan inisiatif:









Mengelola keuangan dengan menulis semua pengeluaran dan tabungan bulanan









Mengajak suami menyusun lesson plan kegiatan anak









Dekat dengan keluarga:









Silaturahmi ke kerabat seminggu sekali









Telpon orang tua di jawa 3 kali seminggu









Memberi hadiah, masakan, dll ke orang tua 2 minggu sekali









Menjaga perkataan dan menuruti keinginan mertua









Sumber Acuan:
Lutfiani, Dinari. (2016). Review Cheklist Indikator Ibu Profesional. Retrieved from: www.rumahbelajardisya.blogspot.co.id











CHECKLIST INDIKATOR IBU PROFESIONAL


0 comments:

Post a Comment

Yakin gak mau BW? Aku suka BW balik loh