Thursday 22 March 2018

NHW V- MERANCANG DESAIN PEMBELAJARAN


Definisi Desain Pembelajaran
Desain pembelajaran adalah pengembangan pengajaran secara sistematik berdasarkan teori-teori pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (Sagala, 2005). Seel, Barbara, dan Glasgow (1990) mendefinisikan desain pembelajaran sebagai sistem pembelajaran yang berfungsi sebagai acuan dalam  melaksanakan kegiatan.Ada beberapa contoh model desain pembelajaran yang dikembangkan oleh beberapa ahli antara lain adalah model Bela Banathy, model Taba, dan Model Kemp. Pada desain pembelajaran yang akan saya susu, saya akan berpacu pada model pembelajaran Kemp. Desain pembelajaran dengan model Kemp terdiri dari 8 tahapan yaitu : 1) menentukan tujuan umum, 2) membuat analisis peserta didik, 3) menentukan tujuan khusus dan operasional, 4)menenetukan materi, 5)menentukan penjajagan awal, 6) menentukan strategi belajar yang sesuai, 7) koordinasi, 8) evaluasi pembelajaran
Menyusun Desain Pembelajaran untuk Jurusan di Universitas Kehidupan
Dengan mengacu pada desain pembelajaran model Kemp, saya akan mencoba merancang desain yang i.allah saling terkait dengan NHW saya sebelumnya dan tetap berfokus pada bidang yang saya geluti yaitu psikologi pendidikan dan perkembangan.
1)    Tujuan Umum :
memahami dan memingkatkan ilmu dan praktek di bidang psikologi pendidikan dan perkembangan
2)    Karakteristik SDM:
Sasaran: Arrasima Kaisha Nusayba
Usia: 18 bulan
Keunggulan: kemampuan verbal dan spasial (sejauh observasi saat ini)
3)    Tujuan khusus:
-          Anak dapat mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki sesuai dengan tahap/domain perkembanganya
-          Anak dapat berkembangan sesuai dengan fitrahnya
-          Melalui optimalisasi perkembangan anak, diharapkan orang tua pribadi dapat meningkatkan kemampuan sebagai ibu profesional dalam kehidupan sehari-hari
4)    Menentukan domain perkembangan anak usia 18 bulan berdasarkan STPPA PAUD Kurikulum 2013 PERMENDIKBUD NO 137
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 12-18 TAHUN
Nilai Agama dan Moral
Fisik Motorik
Kognitif
Bahasa
Sosial Emosional
Seni
Tertarik pada kegiatan ibadah (meniru gerakan ibadah, meniru bacaan do’a)

Motorik Kasar
1.   Berjalan beberapa langkah tanpa bantuan
2.   Naik turun tangga atau tempat yang lebih tinggi dengan merangka
3.   Dapat bangkit dari posisi duduk
4.   Melakukan gerak menendang bola
5.   Berguling ke segala arah
6.   Berjalan beberapa langkah tanpa bantuan
B. Motorik Halus
Membuat coretan bebas
Menumpuk tiga kubus ke atas
Memegang gelas dengan dua tangan
Memasukkan benda-benda ke dalam wadah
Menumpahkan benda-benda dari wadah
C. Kesehatan dan Perilaku Keselamatan
Berat badan sesuai standar usia
Tinggi badan sesuai standar usia
Berat badan sesuai dengan standar tinggi badan
Lingkar kepala sesuai standar pada usia
Mencuci tangan dengan bantuan
Merespon larangan orangtua namun masih memerlukan pengawasan dan bantuan

 Belajar dan Pemecahan Masalah
Menyebut beberapa nama benda, jenis makanan
Menanyakan nama benda yang belum dikenal
Mengenal beberapa warna dasar (merah, biru, kuning, hijau)
Menyebut nama sendiri dan orang- orang yang dikenal
B. Berpikir Logis
Membedakan ukuran benda (besar- kecil)
Membedakan penampilan yang rapi atau tidak
Merangkai puzzle sederhana
C. Berpikir Simbolik
Menyebutkan bilangan tanpa menggunakan jari dari 1 -10 tetapi masih suka ada yang terlewat

Memahami Bahasa
Menunjuk bagian tubuh yang ditanyakan
Memahami tema cerita yang didengar
B. Mengungkapkan Bahasa
Merespons pertanyaan dengan jawaban “Ya atau Tidak”
Mengucapkan kalimat yang terdiri dari dua kata

Menunjukkan reaksi marah apabila merasa terganggu, seperti permainannya diambil
Menunjukkan reaksi yang berbeda terhadap orang yang baru dikenal
Bermain bersama teman tetapi sibuk dengan mainannya sendiri
Memperhatikan/mengamati teman-temannya yang beraktivitas

 Mampu membedakan antara bunyi dan suara
Bisa menyanyikan lagu hanya kata terakhir (misalnya, “burung kakak …..” anak hanya menyebutkan kata “tua”)
Merespon berbagai macam suara orang terdekat, musik, atau lagu dengan menggoyangkan badan
Mengetahui suara binatang
Paham adanya perbedaan suara/bahasa orang di sekitarnya (terutama ibu dan orang terdekatnya)
B. Tertarik dengan musik, lagu, atau nada bicara tertentu
Menirukan bunyi, suara, atau musik dengan irama yang teratur
C. Tertarik dengan karya seni dan mencoba membuat suatu gerakan yang menimbulkan bunyi
Mencoret – coret
Mengusap dengan tangan pada kertas/kain dengan menggunakan berbagai media (misal, media bubur aci berwarna, cat air)


5)    Menentukan materi
Materi dalam pembelajaran ini disusun sesuai dengan perencanaan tahunan agar orang tua dapat menetukan target yang ingin dicapai. Disini orang tua dapat membuat tema bulanan supaya anak dapat belajar dan bereksplorasi secara meaningful dan menyenangkan
November:
Animal
Desember:
Garden
Januari:
Part of Body
Februari:
Farm
Maret:
Transportation
April:
Season
Mei:
Alphabet
Juni:
Earth
Juli:
Foods and Drinks
Agustus:
Sports
September:
Spaces
Oktober:
Dinosaurs

6)    Menentukan strategi dan koordinasi yang sesuai
Strategi dan koordinasi dalam pembelajaran ini disusun dengan melihat dimensi dan indikator pencapaian anak berdasarkan materi yang disampaikan perbulan:

November
Domain
Week 1
Week 2
Week 3
Week 4
Pendidikan Agama
Menceritakan kisah Nabi-Nabi


Mendengarkan ayat suci Al-Quran (5 surat pendek) Juz Amma

Menceritakan kisah Rasul


Mendengarkan ayat suci Al-Quran (5 surat pendek) Juz Amma lanjutan
Menceritakan tentang rukun Islam

Mendengarkan ayat suci Al-Quran (5 surat pendek) Juz Amma lanjutan
Menceritakan tentang rukun Iman

Mendengarkan ayat suci Al-Quran (5 surat pendek) Juz Amma lanjutan
Kognitif
Menyebut nama-nama hewan ternak


Mengenalkan nama hewan dan warnanya
Menyebutkan nama-nama hewan hutan


Memperkenalkan angka dengan stimulasi tema tentang binatang
Menyebutkan nama-nama hewan laut


Mengenalkan dengan mengelompokan hewan sesuai dengan ukuranya
Menyebutkan nama-nama hewan khas tiap negara

Mengenalkan makanan-makanan hewan dan lingkungannya
Bahasa
Membacakan dan menyanyi tentang suara hewan ternak
Membacakan dan menyanyi tentang suara hewan hutan
Membacakan dan menyanyi tentang suara hewan laut
Membacakan dan menyanyi tentang suara hewan khas dari setiap negara
Sosioemosional
Bermain peran tentang hewan2
Mengenalkan bagaimana menyayangi binatang peliharaan: memberi makan, memandikan, dll
Mengenalkan bagaimana menyayangi dan menjaga lingkungan hewan
Mengenalkan emosi melalui karakteristik hewan
Psikomotor
Mengajak untuk aktivitas yang melibatkan motorik kasar dan halus:
Permainan:
-Meraih bintang, bulan, meteor
-jejak kaki
-tepuk balon
-sate pelangi
Mengajak untuk aktivitas yang melibatkan motorik kasar dan halus

Permainan:
-bermain basket
-menempel art foam
-stone painting
-lego jelly
Mengajak untuk aktivitas yang melibatkan motorik kasar dan halus

Permainan:
-Mainan lilin
-Sponge
-Main busa
-Moon sand

Mengajak untuk aktivitas yang melibatkan motorik kasar dan halus

Permainan:
-menempel daun
-Colour fruit
-menara balok
-feeding animal






7)    Melakukan evaluasi
Evaluasi dilakukan setelah maupun saat pembelajaran berlangsung dengan tujuan agar kita tahu bagaimana respon anak ketika kita memberikan permainan yang kita gunakan dalam menyampaikan materi
Observasi
Refleksi
Respon
Pembukaan:
Archy tampak senang dengan lagu pembuka sebelum pelajaran dimulai ia menyanyi sambil mengoyangkan badan

Archy dapat mengukuti lagu yang diputar

Archy dapat mengiringi lagu dengan tarian
Tunjukan respon ketertarikan dan memberikan apresiasi saat anak mampu mengeksperiskan kegembiraanya

Tanyakan pada anak bagaimana yang ia rasakan saat itu sambil anak dapat mempelajari macam-macam emosi

Kesimpulan
Dengan menggunakan desain pembelajaran ini, diharapkan saya dapat fokus pada pencapaian saya sebagai ibu profesional yang menggeluti bidang psikologi pendidikan dan perkembangan. Meskipun desain ini masih berfokus pada milestone perkembangan anak, diharapkan saya pribadi dapat menyusun strategi pencapaian saya sebagai seorang ahli di bidang psikologi perkembangan dan pendidikan melalui desain pembelajaran yang saya susun.

Daftar Pustaka
Rusman, 2011. Model-model Pembelajaran. Bandung: PT Raja Grafindo Persada
Seels, Barbara, & Glasgow, 1990. Exercise in Intructional Design. Colombus Ohio: Merril Publishing Company


0 comments:

Post a Comment

Yakin gak mau BW? Aku suka BW balik loh