Definisi Desain Pembelajaran
Desain pembelajaran adalah pengembangan pengajaran secara
sistematik berdasarkan teori-teori pembelajaran untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran (Sagala, 2005). Seel, Barbara, dan Glasgow (1990) mendefinisikan
desain pembelajaran sebagai sistem pembelajaran yang berfungsi sebagai acuan
dalam melaksanakan kegiatan.Ada beberapa
contoh model desain pembelajaran yang dikembangkan oleh beberapa ahli antara
lain adalah model Bela Banathy, model Taba, dan Model Kemp. Pada desain
pembelajaran yang akan saya susu, saya akan berpacu pada model pembelajaran
Kemp. Desain pembelajaran dengan model Kemp terdiri dari 8 tahapan yaitu : 1)
menentukan tujuan umum, 2) membuat analisis peserta didik, 3) menentukan tujuan
khusus dan operasional, 4)menenetukan materi, 5)menentukan penjajagan awal, 6)
menentukan strategi belajar yang sesuai, 7) koordinasi, 8) evaluasi
pembelajaran
Menyusun Desain Pembelajaran untuk Jurusan di Universitas Kehidupan
Dengan mengacu pada desain pembelajaran model Kemp, saya akan
mencoba merancang desain yang i.allah saling terkait dengan NHW saya sebelumnya
dan tetap berfokus pada bidang yang saya geluti yaitu psikologi pendidikan dan
perkembangan.
1)
Tujuan Umum :
memahami dan memingkatkan ilmu dan praktek di bidang psikologi
pendidikan dan perkembangan
2)
Karakteristik SDM:
Sasaran: Arrasima Kaisha Nusayba
Usia: 18 bulan
Keunggulan: kemampuan verbal dan spasial (sejauh observasi saat
ini)
3)
Tujuan khusus:
-
Anak dapat
mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki sesuai dengan tahap/domain
perkembanganya
-
Anak dapat berkembangan
sesuai dengan fitrahnya
-
Melalui optimalisasi
perkembangan anak, diharapkan orang tua pribadi dapat meningkatkan kemampuan
sebagai ibu profesional dalam kehidupan sehari-hari
4)
Menentukan domain
perkembangan anak usia 18 bulan berdasarkan STPPA PAUD Kurikulum 2013
PERMENDIKBUD NO 137
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK
USIA 12-18 TAHUN
|
|||||
Nilai Agama dan Moral
|
Fisik Motorik
|
Kognitif
|
Bahasa
|
Sosial Emosional
|
Seni
|
Tertarik pada kegiatan ibadah (meniru gerakan ibadah, meniru bacaan do’a)
|
Motorik Kasar
1. Berjalan beberapa langkah tanpa bantuan
2. Naik turun tangga atau tempat yang lebih tinggi
dengan merangka
3. Dapat bangkit dari posisi duduk
4. Melakukan gerak menendang bola
5. Berguling ke segala arah
6. Berjalan beberapa langkah tanpa bantuan
B. Motorik Halus
Membuat coretan bebas
Menumpuk tiga kubus ke atas
Memegang gelas dengan dua tangan
Memasukkan benda-benda ke dalam wadah
Menumpahkan benda-benda dari wadah
C. Kesehatan dan Perilaku Keselamatan
Berat badan sesuai standar usia
Tinggi badan sesuai standar usia
Berat badan sesuai dengan standar tinggi badan
Lingkar kepala sesuai standar pada usia
Mencuci tangan dengan bantuan
Merespon larangan orangtua namun masih memerlukan pengawasan dan bantuan
|
Belajar dan Pemecahan Masalah
Menyebut beberapa nama benda, jenis makanan
Menanyakan nama benda yang belum dikenal
Mengenal beberapa warna dasar (merah, biru, kuning, hijau)
Menyebut nama sendiri dan orang- orang yang dikenal
B. Berpikir Logis
Membedakan ukuran benda (besar- kecil)
Membedakan penampilan yang rapi atau tidak
Merangkai puzzle sederhana
C. Berpikir Simbolik
Menyebutkan bilangan tanpa menggunakan jari dari 1 -10 tetapi masih suka
ada yang terlewat
|
Memahami Bahasa
Menunjuk bagian tubuh yang ditanyakan
Memahami tema cerita yang didengar
B. Mengungkapkan Bahasa
Merespons pertanyaan dengan jawaban “Ya atau Tidak”
Mengucapkan kalimat yang terdiri dari dua kata
|
Menunjukkan reaksi marah apabila merasa terganggu, seperti permainannya
diambil
Menunjukkan reaksi yang berbeda terhadap orang yang baru dikenal
Bermain bersama teman tetapi sibuk dengan mainannya sendiri
Memperhatikan/mengamati teman-temannya yang beraktivitas
|
Mampu membedakan antara bunyi dan
suara
Bisa menyanyikan lagu hanya kata terakhir (misalnya, “burung kakak …..”
anak hanya menyebutkan kata “tua”)
Merespon berbagai macam suara orang terdekat, musik, atau lagu dengan
menggoyangkan badan
Mengetahui suara binatang
Paham adanya perbedaan suara/bahasa orang di sekitarnya (terutama ibu dan
orang terdekatnya)
B. Tertarik dengan musik, lagu, atau nada
bicara tertentu
Menirukan bunyi, suara, atau musik dengan irama yang teratur
C. Tertarik dengan karya seni dan mencoba
membuat suatu gerakan yang menimbulkan bunyi
Mencoret – coret
Mengusap dengan tangan pada kertas/kain dengan menggunakan berbagai media
(misal, media bubur aci berwarna, cat air)
|
5) Menentukan materi
Materi dalam pembelajaran ini disusun sesuai dengan perencanaan
tahunan agar orang tua dapat menetukan target yang ingin dicapai. Disini orang
tua dapat membuat tema bulanan supaya anak dapat belajar dan bereksplorasi
secara meaningful dan menyenangkan
November:
Animal
|
Desember:
Garden
|
Januari:
Part of Body
|
Februari:
Farm
|
Maret:
Transportation
|
April:
Season
|
Mei:
Alphabet
|
Juni:
Earth
|
Juli:
Foods and Drinks
|
Agustus:
Sports
|
September:
Spaces
|
Oktober:
Dinosaurs
|
6) Menentukan strategi dan koordinasi yang sesuai
Strategi dan koordinasi dalam pembelajaran ini disusun dengan
melihat dimensi dan indikator pencapaian anak berdasarkan materi yang
disampaikan perbulan:
November
|
||||
Domain
|
Week 1
|
Week 2
|
Week 3
|
Week 4
|
Pendidikan Agama
|
Menceritakan kisah Nabi-Nabi
Mendengarkan ayat suci Al-Quran (5
surat pendek) Juz Amma
|
Menceritakan kisah Rasul
Mendengarkan ayat suci Al-Quran (5
surat pendek) Juz Amma lanjutan
|
Menceritakan tentang rukun Islam
Mendengarkan ayat suci Al-Quran (5
surat pendek) Juz Amma lanjutan
|
Menceritakan tentang rukun Iman
Mendengarkan ayat suci Al-Quran (5
surat pendek) Juz Amma lanjutan
|
Kognitif
|
Menyebut nama-nama hewan ternak
Mengenalkan nama hewan dan warnanya
|
Menyebutkan nama-nama hewan hutan
Memperkenalkan angka dengan stimulasi
tema tentang binatang
|
Menyebutkan nama-nama hewan laut
Mengenalkan dengan mengelompokan hewan
sesuai dengan ukuranya
|
Menyebutkan nama-nama hewan khas tiap
negara
Mengenalkan makanan-makanan hewan dan
lingkungannya
|
Bahasa
|
Membacakan dan menyanyi tentang suara
hewan ternak
|
Membacakan dan menyanyi tentang suara
hewan hutan
|
Membacakan dan menyanyi tentang suara
hewan laut
|
Membacakan dan menyanyi tentang suara
hewan khas dari setiap negara
|
Sosioemosional
|
Bermain peran tentang hewan2
|
Mengenalkan bagaimana menyayangi
binatang peliharaan: memberi makan, memandikan, dll
|
Mengenalkan bagaimana menyayangi dan
menjaga lingkungan hewan
|
Mengenalkan emosi melalui karakteristik
hewan
|
Psikomotor
|
Mengajak untuk aktivitas yang
melibatkan motorik kasar dan halus:
Permainan:
-Meraih bintang, bulan, meteor
-jejak kaki
-tepuk balon
-sate pelangi
|
Mengajak untuk aktivitas yang
melibatkan motorik kasar dan halus
Permainan:
-bermain basket
-menempel art foam
-stone painting
-lego jelly
|
Mengajak untuk aktivitas yang
melibatkan motorik kasar dan halus
Permainan:
-Mainan lilin
-Sponge
-Main busa
-Moon sand
|
Mengajak untuk aktivitas yang
melibatkan motorik kasar dan halus
Permainan:
-menempel daun
-Colour fruit
-menara balok
-feeding animal
|
7) Melakukan evaluasi
Evaluasi dilakukan setelah maupun saat pembelajaran berlangsung
dengan tujuan agar kita tahu bagaimana respon anak ketika kita memberikan
permainan yang kita gunakan dalam menyampaikan materi
Observasi
|
Refleksi
|
Respon
|
Pembukaan:
Archy tampak senang dengan lagu pembuka
sebelum pelajaran dimulai ia menyanyi sambil mengoyangkan badan
|
Archy dapat mengukuti lagu yang diputar
Archy dapat mengiringi lagu dengan
tarian
|
Tunjukan respon ketertarikan dan
memberikan apresiasi saat anak mampu mengeksperiskan kegembiraanya
Tanyakan pada anak bagaimana yang ia
rasakan saat itu sambil anak dapat mempelajari macam-macam emosi
|
Kesimpulan
Dengan menggunakan desain pembelajaran ini, diharapkan saya dapat
fokus pada pencapaian saya sebagai ibu profesional yang menggeluti bidang
psikologi pendidikan dan perkembangan. Meskipun desain ini masih berfokus pada
milestone perkembangan anak, diharapkan saya pribadi dapat menyusun strategi
pencapaian saya sebagai seorang ahli di bidang psikologi perkembangan dan
pendidikan melalui desain pembelajaran yang saya susun.
Daftar Pustaka
Rusman, 2011. Model-model Pembelajaran. Bandung: PT Raja Grafindo
Persada
Seels, Barbara, & Glasgow, 1990. Exercise in Intructional
Design. Colombus Ohio: Merril Publishing Company
0 comments:
Post a Comment
Yakin gak mau BW? Aku suka BW balik loh