Wednesday 11 September 2019

PALEMBANG JADI TUAN RUMAH FESTIVAL KULINER TERBESAR DI INDONESIA




Sebagai seorang perantau di tanah Palembang, awalnya saya merasakan kejenuhan karena tidak menemukan destinasi wisata alam menarik seperti wisata pegunungan maupun pantai. Bagaimana tidak jenuh jika setiap bertemu dengan teman opsi pertemuannya selalu di titik di pusat perbelanjaan. Namun, suatu ketika paradigma itu semakin lama semakin sirna karena saya mulai memahami keunikan dari kota ini.

Ya, saya semakin memahami bahwa ciri khas Palembang yang mungkin tidak banyak dimiliki oleh banyak kota lain di Indonesia ini adalah keunikan kulinernya. Bayangkan saja, satu adonan pempek bisa disulap menjadi berbagai macam olahan makanan gurih seperti laksan, burgo, kemplang, model, tekwan, dan masih banyak lagi. Berbagai macam variasi masakan pedas dari pindang patin sampai tulang semua tersaji begitu menggoda. Makanan manis pun tak kalah menarik seperti maksuba selalu menjadi hidangan wajib saat lebaran tiba.

Tak hanya makanan khas Palembang saja, mulai dari makanan legendaris sampai milenial semua ada di sini. Maka tak heran jika Palembang pernah dinobatkan sebagai kota yang memiiki kekayaan dan keistimewaan kuliner terbesar di Indonesia.

Dengan potensi keistimewaan cita rasa kuliner yang beranekaragam di kota ini, Teh Pucuk Harum kembali mempersembahkan festival kuliner terbesar, yaitu Pucuk Coolinary festival “Temukan Rasa Favoritmu”  di Palembang. Palembang merupakan kota ketiga yang terpilih sebagai penyelenggara festival ini setelah Yogyakarta (30-31 Maret 2019) dan Medan (31 Agustus-1 September 2019).

Pada tanggal 5 September 2019, Teh Pucuk Harum mengundang para blogger dan jurnalis media untuk mengikuti media Gathering di Hotel Harper Palembang. Dalam sesi ini, rupanya ada mbak Dina Oktaviany selalu founder @makanpakereceh.plg turut mengisi untuk membagikan informasi terkait kuliner andalan di wilayah Palembang. Selain itu ada Pak Kito Kristanto sebagai Junior Brand Manager Teh Pucuk Harum memberikan informasi mengenai perhelatan kuliner terbesar yaitu Pucuk Coolinary Festival yang akan diadakan hari Sabtu dan Minggu di Lapangan Palembang Trade Center.

meneguk kesegaran teh pucuk di sela sesi media gathering di hotel Harper

Pak Kito menjelaskan bahwa di Pucuk Coolinary Festival ini akan menawarkan konsep festival kuliner yang unik dengan menghadirkan lebih dari “100 tenant kuliner favorit Palembang”. Tenant ini akan terbagi dalam 3 zona rasa yaitu Zona Gurih, Zona Manis, dan Zona Pedas. Wow, rasanya saya sudah tak sabar lagi untuk mengunjungi festival ini di hari Sabtu nanti.

Mbak Dina, founder makanpakereceh.plg dan pak Kito Junior Brand Manager Teh Pucuk


Festival ini juga bekerjasama dengan DANA, yaitu aplikasi dompet digital untuk membantu transaksi pembayaran yang memberikan promo cashback sampai 50%. Jadi yang kehabisan uang cash, bisa bayar pakai aplikasi DANA. Aman, cepat, dapat cashback lagi!

Tak hanya itu saja, dalam festival nanti juga dimeriahkan dengan acara dan kompetisi seru seperti Spicy King Noodle Contest, Happy Hour, dan juga pembagian 10.000 porsi pempek GRATIS! Udah tiket masuknya GRATIS, ada pembagian pempek GRATIS pula. Gimana gak keren coba?

FESTIVAL KULINER TERBESAR SAATNYA DIBUKA

Hari yang saya nantikan akhirnya tiba. Saya sengaja memilih kostum merah agar turut memeriahakan suasana festival teh pucuk yang identik dengan warna merah. Sesampainya di lapangan PTC Mall, saya begitu takjub dengan kemegahan festival dengan gerbang tinggi menjulang yang diisi dengan deretan tenant kuliner tiada ujungnya. Fix, saya sudah tak sabar lagi menyusuri lorong penuh kenikmatan ini sembari mencicipi satu persatu.

Eit, sabar dulu ya. Saya harus mengikuti acara pembukaan dulu yang dihadiri oleh Kepala Dina Perindustrian Provinsi Sumatera Selatan, Ir. Hj. Ernila Rizar, MM yang mewakili Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, H. Isnaini Madani, dan National Sales & Promotion Head PT.Mayora Indah TBK., Henry David Kalangie. Bertepatan dengan sirine nyaring dan potong pita, akhirnya #PucukCoolinaryFestival resmi dibuka. Masyarakat Palembang yang hadir semakin semangat dan antusias untuk segera mengunjungi kenikmatan sajian setiap tenant satu-persatu.
Pembukaan resmi dibuka

Saya pun mulai bereksekusi memasuki setiap zona yang tersaji. Zona pertama yang saya kunjungi adalah Zona Gurih. Saya yang kebetulan sambil membawa anak saya begitu antusias untuk menyicipi kuliner makanan yang ada di zona ini. “ Mama Archy mau mi, mau salad, mau cilor, mau ini, mau itu” Wah rupanya si kecil juga tak sabar lagi ini mencicipi semuanya.

Total ada 32 tenant turut memeriahkan di Zona Gurih dan saya sampai kebingungan mau pilih yang mana. Enak-enak semua. Ada cilor Jolly, Pempek Syamil, Coto Makasar, Burger Princess, Potabang, Haocek Corner, Warung Soto Betawi 999, Mister Tahu, Mangkok Soonfat, Lacasa Pizza, D`Cilok rajanya cilok, Mie Ayam Sari Mulia, dan masih banyak lagi.

 
antrian pengunjung mulai mengular

Akhirnya kunjungan pertama saya jatuh kepada Mie Ayam Sari Mulya, mie ayam legendaris sejak tahun 1975. Oiya kabar bahagianya, banyak sekali tenant disini yang menawarkan pembayaran dengan DANA dan bisa CASHBACK 50%! Wow, untung saja saya sudah top up dari semalam. Saya mulai scan kode yang terlampir di tenant Mie Ayam Sari Mulia. Dari harga 24.000 dapat cashback sebesar 12.000. Wah surganya emak-emak banget ini!



Setelah mie ayam, saya mencicipi mister tahu, cilor Jolly, dan D`Cilok rajanya cilok. Saya byar pakai voucher yang diberikan Tim The Pucuk kepada media. Wah selain pakai dana, bayar pakai voucher memudahkan saya untuk melakukan pembayaran.

Jangan lupa juga, setelah makan banyak minumnya tetap teh Pucuk Harum ya. Ada tenant The Pucuk yang banyak tersedia di setiap zona. Ada paket hemat juga nih kalau mau beli Teh Pucuk. Beli 10.000 dapat 3 botoh teh sekaligus. Tetep setelah minum botolnya saya bawa ke rumah untuk dicuci dan diberikan pada bank sampah atau dibikin ecobrick.

Setelah puas mengunjungi zona gurih, selanjutnya kunjungan ke Zona Manis, biar semakin manis (ehehe). Total kurang lebih ada 26 tenant yang tergabung dalam zona ini. Ada Bella Cakes, Dapoer Sehat Mapot, Pancake Qiu, Amanda Brownies, Lamonde, Sang Pisang, Fruity Salada Citra, Shinta Bakery, Sate P.Tomo, Saladnal, dan masih banyak lagi.

Hati saya langsung terpaut di Fruity Salad. Hari mulai semakin panas tentunya akan semaki segar jika dinikmati dengan salad yang manis dan segar. Setelah itu Es Kacang Mamat juga tak kalah segarnya yang rasanya bikin nagih dan nagih.

Sudah mulai menjelang siang, saatnya mengunjungi zona pedas untuk makan siang. Kurang lebih ada 42 tenant tersaji di zona ini. Makin bingung kan mau makan siang pakai apa? Ada tahu baxo kaget, Ayam Geprek Hiphop, Mie Yamin 777, Kedai Oncak, Suki Show, Warung Putu, Bebek RW khas Manado, dan masih banyak lagi!

IT IS TIME FOR HAPPY HOUR

Sedang kebingungan milih, tiba-tiba ada rombongan kakak-kakak berseragam putih berkeliling sambil menabuh alat musi drum. Ternyata aksi itu tujuannya untuk menginfokan para foodies jika waktu Happy Hour telah tiba. Wah pengunjung bisa makan di semua tenant dengan potongan harga sebesar 10.000 rupiah. Bakal kalap nih mau makan semuanya!

Setelah mengunjungi zona pedas, saya menyempatkan berkeliling melihat suasana di festival ini. Ada panggung yang disajikan dengan bantal duduk untuk bersantai berwarna hijau dan putih. Wah sore-sore nanti pasti asyik tiduran disini sambil nonton konser ya hehe.

Ada juga tenant untuk membagikan 10.000 porsi pempek kepada para pengunjung yang datang. Wah seketika tentant diserbu para pengunjung yang datang di festival ini. Pempek sebagai makanan khas Palembang dipilih sekaligus untuk memperkenalkan cita rasa kuliner khas Palembang yang iconic. Makan pempek dimanapun ya tetep paling enak makan pempeknya di Palembang donk ya ;)

Pembagian 10.000 porsi pempek

Spicy Noodle Competition

Its time for Happy Hour


Oh iya, setelah mencicipi berbagai macam makanan di festival ini, kita akan mendapatkan nota pembelian yang kemudian ditukar dengan kupon di stand booth yang tersedia. Kupon ini nantinya akan diundi untuk memenangkan GRAND PRIZE 1 MOTOR NMAX SETIAP HARINYA. Wah jadi makin semangat jajan nih siapa tahu makin banyak kupon makin banyak peluang untuk memenangkan hadiah ini!

Hari semakin sore. Si kakak sudah sampai kekenyangan menyicipi berbagai macam varian makanan di festival kuliner terbesar di Indonesia ini. Ternyata semakin sore semakin penuh dengan pengunjung. Wah bisa tembus puluhan ribu pengunjung nih. Apalagi masih ada hari Minggu besok yang bisa dikunjungi sampai malam hari.

Seharian berkunjung ke #PucukCoolinaryFestival rasanya seru banget. Seketika saya turut bangga sebagai bangsa Indonesia dengan ribuan kulinernya dari yang legendaris sampai milenilal disulap menjadi cita rasa yang sangat lezat. Semoga tahun depan Palembang terpilih kembali menjadi tuan rumah #PucukCoolinaryFestival ya. FIX SAYA KETAGIHAN!



0 comments:

Post a Comment

Yakin gak mau BW? Aku suka BW balik loh