Thursday 14 February 2019

BELAJAR MENGENAL POLA: AKTIVITAS ANAK USIA 2 TAHUN

Jika kita melihat anak sedang asyik mensortir mainan sesuai warnanya, menyusun balok berurutan dengan urutan warna yang diulang, apa yang terbesit dari kacamata kita sebagai orang tua? Ya, barangkali anak sedang mempelajari warna. Betul, itupun yang juga sering dilakukan Archy secara otomatis tanpa arahan dan petunjuk dari saya. Anak usia 2 tahun senang mensortir segala sesuatu!

Lebih dari itu, hal yang perlu kita ketahui dari permainan yang anak kita lakukan adalah mereka sedang belajar mengenal pola. Pengalaman-pengalaman bermain melalui pola umumnya terjadi secara alamiah. Pola membantu anak untuk belajar mengurutkan, memprediksi yang mengarah pada keterampilan matematika, struktur logika, dan membangun keteraturan kita dalam hidup.

Kali ini, saya akan menyajikan permainan DIY yang mengasah keterampilan berfikir logis anak tentang pola. Kegiatan ini saya namakan dengan “Rainbow Ball” . Tujuan dari permainan ini adalah untuk memperkenalkan anak bentuk pola warna yang diulang. 

Bahan yang diperlukan:
Printable Rainbow Ball atau bisa bunda buat dengan menggambar lingkaran kecil berurutan diatas karton.
Gunting
Lem
Kardus untuk alas Printable
Bola pom-pom

Cara membuatnya:
Tempelkan printable atau hasil gambar lingkaran kecil diatas kardus supaya lebih tebal dan rapi. Gunting kardus sesuai dengan pola. Siapkan bola pom-pom disampingnya. Lalu mainkan!



Cara memainkanya:
Tulislah warna yang akan kita susun untuk membentuk pola yang berulang diatas lingkaran. Minta anak untuk bantu menyusun bola pom-pom sesuai dengan warna yang ditentukan.

Misalnya pada baris pertama saya buat pola berulang merah dan kuning. Kemudian archy saya minta melanjutkan untuk menyusun bola pom-pom sesuai dengan warna selanjutnya.

Tada..seperti ini hasilnya.


Memang awalnya susah untuk mengarahkan Archy bermain permainan ini. Saya biarkan namun saya mainkan berulang-ulang. Ternyata lama-lama ia mulai tertarik dengan bola yang terususun cantik itu.
Jangan lupa, setiap kita membuat sesuat permainan dengan prakarya bunda sendiri. Jangan langsung dibuang ya. Bunda bisa gunakan lagi karena suatu saat anak pasti merindukan mainan itu jika ternyata dia mulai bosan dengan permainanya. Disisi lain semua permainan anak akan diajadikan portofolio sebagai dokumentasi hasil belajar mereka bunda.

Selamat bermain dengan si kecil ya J

0 comments:

Post a Comment

Yakin gak mau BW? Aku suka BW balik loh